November 11, 2009

Tips sederhana membuat belajar lebih EFEKTIF

Posted in Uncategorized pada 8:08 am oleh puji11a329

1.Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya. Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.2.Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.3.Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah lupanya!

4.Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5.Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6.Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7.Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8.Ada beberapa temanmu di Australia yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9.Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

Apa tips tips belajar yang baik dan benar..?!?

Well.. Gw ada beberapa tips buat masalah kayak gini:
1. Mulailah dari yang “kecil”
Mulailah belajar dari topik yang paling anda kuasai / gampang..
Setelah itu barulah dilanjutkan dengan topik yang lebih “menantang”..
Hal ini dimaksudkan agar kita tidak langsung down dan putus asa jika mengerjakan soal2 sulit terlebih dahulu..

2. Sering-seringlah “practice”
Latihan dan latihan itulah kunci untuk mahir dalam suatu mata pelajaran..
Semakin banyak anda mengerjakan dan memahami soal semakin terbiasa pula anda dalam mengerjakannya..

3. Fokus
Ketika belajar, kita dituntut untuk serius..
Jangan setengah hati..
Karena pikiran kita tidak dapat melakukan / memikirkan beberapa kegiatan / hal dalam satu waktu..

4. Malu bertanya sesat di jalan
Jika anda menemukan masalah dalam belajar, jangan malu untuk bertanya pada orang2 sekitar anda..
Dapat berupa guru, teman, orang tua, kakak, dll (yang pasti orang2 yang mampu membantu anda, jangan malah “menyesatkan” anda dengan jawaban yang asal2an)

5. Mohon bimbingan-NYA
Jangan lupa banyak2 berdoa..
Karena selain dari nilai religi-nya, hal tersebut dapat membuat kita lebih fokus ketika belajar dan dapat membuat pikiran kita lebih tenang..

Trus masalah yang paling sulit adalah semangat untuk belajar..
Dan kebetulan gw juga ada beberapa “jurus” yang terbukti “jitu” (bagi gw dan kebanyakan orang yang telah mengaplikasikannya) untuk menciptakan suatu suasana fun ketika belajar dan agar tidak cepat suntuk:
1. Lengkapilah materi pelajaran anda / buku catatan anda dengan gambar-gambar jangan hanya sekedar tulisan.

2. Hiasilah materi pelajaran anda / buku catatan anda dengan menggunakan tinta yang beraneka ragam (bukan hanya satu / dua warna) karena hal tersebut mampu mempengaruhi sistem otak kita, dan menciptakan suatu suasana menarik / semangat ketika membacanya.

3. Membuat catatan kecil.
Nb: Dapat saja berupa fakta-fakta unik seputar hal-hal yang sedang kita pelajari

4. Membuat trik sendiri / Menyisipkan trik untuk memudahkan anda dalam belajar.
Mis: dalam menghafal zat yg terdapat dalam lambung >> “Aku PEREk MUda”
1. Asam Klorida (HCl)
2. PEpsin
3. REnin
4. MUcin
Nb: trik yang dibuat boleh saja agak “lucu / berbau negatif” karena kita akan lebih mudah mengingat hal-hal yang bersifat lucu / “nakal”

5. Belajar dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yg menarik seperti computer / lebih spesifiknya internet
Salah satu contohnya itu adalah Y!A. Anda dapat belajar dengan menjawab pertanyaan orang lain (tentunya untuk menjawab anda harus bolak-balik buku / search google maka dari hal tsb anda akan belajar sesuatu yang baru dan secara tidak sengaja minat anda untuk mempelajari hal-hal baru akan terpacu dan mampu menjadi modal anda untuk melajar dengan gembiria).

6. Belajar kelompok. Dalam sebagian kasus murid2 malas belajar karena mereka hanya sendiri namun dengan adanya teman-teman anda akan menjadi terpacu untuk saling berkompetensi menyelesaikan soal serta ada teman yg dapat membantu anda apabila anda kesulitan untuk mengerti suatu soal.

7. Anda harus punya tekad yg kuat.
(asal ada niat semua pasti bisa… ^^)

Semoga bermanfaat.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: