Oktober 9, 2009

Gempa di padang,Pariaman

Posted in Uncategorized pada 3:21 am oleh puji11a329

30 sept 09 gempa 7,6 SR guncang solok, sumbar pkl 17.16 dg kedlman laut 71 Km di 57 Km baratdaya pariaman.gempa tsb mengakibatkan 7 gedung di jambi retak,kebakaran dan jaringan telepon rumah dan genggam terputus. selain itu juga mengakibatkan ratusan rumah rata dengan tanah. Ribuan warga mengungsi ditenda2 darurat dan sebagian lari ke bukit.Gempa tsb juga dirasakan didaerah padang , bengkulu , aceh, bandar lampung hingga ke negara tetangga spt Malaysia dan Singapura.

Pemadaman Masih Terjadi, PLN Minta Maaf  

Dialog SCTV dengan Sekretaris PT PLN Persero, Supriyanto (kanan).
, Jakarta: Perusahaan Listrik Negara (PLN) meminta maaf kepada masyarakat atas pemadaman listrik bergilir yang hingga kini masih terjadi. “Kami mohon maaf. Itu karena ada kerusakan peralatan yang tidak bisa dihindari,” kata Sekretaris PT PLN Persero, Supriyanto, dalam perbincangannya dengan reporter SCTV, David Silahooij, Sabtu (14/11).Supriyanto menambahkan, gangguan terutama terjadi di Gardu Cawang, Jakarta Timur dan Gardu Kembangan di Jakarta Barat. Saat ini, kata dia, perbaikan masih terus dilakukan bahkan dipercepat. Semula perbaikan ditargetkan enam bulan, tapi kini jadi tiga bulan. Bahkan akan diupayakan selesai pada pertengahan Desember mendatang. “Kalau maju, kita majukan. Mudah-mudahan tidak terganggu cuaca,” kata Supriyanto

Menurut Supriyanto, sejauh ini kendala yang dihadapi adalah masalah peralatan yang harus didatangkan dari luar negeri. Salah satu komponennya harus didatangkan dari Prancis.

Di luar persoalan tersebut, pasokan listrik untuk Jawa dan Bali masih cukup. Apalagi saat ini pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt tengah berjalan, seperti di Labuan dan Rembang. Simak selengkapnya perbincangan David Silahooij dengan Sekretaris PT PLN Persero di video berita ini.(IAN)

Matahari Masih Malas-malasan, ‘Kiamat’ Mundur Tahun 2013


Matahari Masih Malas-malasan, ‘Kiamat’ Mundur Tahun 2013

Tanpa mempedulikan ramalan tentang datangnya kiamat pada tahun 2012, para ilmuwan awalnya sepakat bahwa pada tahun tersebut memang bakalan terjadi badai matahari. Namun, perkiraan itu belakangan bergeser, karena bintik hitam matahari sampai sekarang belum muncul.

Bintik hitam atau secara ilmiah dinamai sunspot adalah tanda-tanda adanya aktivitas matahari. Banyaknya sunspot yang mengandung medan magnet akan menciptakan ledakan sehingga aktivitas matahari dianggap telah mencapai puncaknya. Radiasi gelombang elektromagnetik yang disemburkan oleh ledakan itu dapat mencapai bumi yang berjarak 150 juta Km dari matahari.

Sesuai siklus 11 tahunan matahari, puncak aktivitas matahari akan sampai pada siklus ke-24 pada 2012 nanti. Karena itu, para ilmuwan memperkirakan sunspot akan mulai muncul pada 2007 lalu dan bertambah banyak pada tahun-tahun sesudahnya.

“Tapi ternyata sebagian peneliti melihat sekarang ini belum muncul bintik hitamnya itu,” kata Sri Kaloka Prabotosari, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa (Pusfatsainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di kantor Lapan Bandung, Jl Djundjunan, Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12/2009).

Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Lapan Clara Y Yatini mengatakan, sunspot terbentuk akibat kuatnya medan magnet di permukaan matahari. Tampak gelap yang telihat pada bintik hitam matahari disebabkan karena energi yang ada di sunspot itu tidak bisa dilepaskan.

Dia melanjutkan, karena kuatnya medan magnet pula, badai matahari akan berhembus dari daerah sunspot tersebut. Makin banyak bintik-bintik hitam di matahari, makin besar pula potensi terjadinya badai matahari.

“Itu proses yang terjadi di matahari dan tidak bisa dikontrol. Kalau memang waktunya meledak, ya, meledak,” kata dia.

Senada dengan Sri Kalola, menurut Clara, siklus aktivitas matahari yang ke-24 semula diperkirakan lebih besar dibanding siklus sebelumnya. Akan tetapi, dengan melihat belum adanya sunspot di permukaan matahari, prediksi itu berubah.

Menurutnya, dengan melihat perilaku matahari yang seperti itu, Lapan memprediksi aktivitas matahari akan mencapai puncaknya bukan pada 2012, melainkan Mei 2013. Saat itu, ledakan-ledakan matahari, yang dikait-kaitkan orang dengan ramalan kehancuran bumi dan kiamat, akan terjadi.

“Dengan mengamati matahari terus menerus, kelihatannya matahari ini masih malas-malasan. Akhirnya para peneliti mengulang lagi prediksinya dan mengatakan siklus ke-24 ini bakalan rendah daripada siklus ke-23,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: